Selamat Datang Di Website Resmi PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik

PDAM Giri Tirta pantau langsung flushing pipa SPAM Umbulan.

24 Oktober 2020
01:22:27 WIB

Kekeruhan air yang diterima pelanggan PDAM Giri Tirta Gresik di wilayah Gresik Kota beberapa hari terakhir direspons oleh PDAM Giri Tirta dengan mendatangi instalasi Booster SPAM Umbulan untuk Kabupaten Gresik di Kompleks Industri Maspion Romo Kalisari Surabaya Jum’at 23 Oktober 2020.

Direktur Utama PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah dan Direktur Bidang Umum Heru Budi Hartono meminta klarifikasi dari PT. Air Bersih Jawa Timur selaku operator SPAM Umbulan terkait keruhnya air Umbulan yg diterima PDAM Giri Tirta Gresik sejak awal pekan ini.. Manager Marketing PT. Meta Adhya Tirta Umbulan, M. Anwar selaku distributor air Umbulan menjelaskan  bahwa “kekeruhan terjadi karena proses flushing (pemberihan pipa) dari sedimentasi yg mengendap, titik endapan berada pada pipa yg ada di Crossing kali Porong. Untuk itu demi percepatan dilakukan flushing di sembilan titik di jalur pipa Umbulan sepanjang Pasuruan hingga Gresik, total debit yang telah dikeluarkan untuk proses flushing ini adalah 1300 liter / detik”.

Kepala Unit SPAM Umbulan PT. Air Bersih jawa Timur, Ibrahim Sahara menjelaskan kepada Direksi PDAM bahwa dengan Proses flushing ini diprediksikan air kembali jernih dalam waktu kurang lebih 2 x 24 Jam, saat ini NTU (tingkat kekeruhan) air di kisaran angka25 dari indeks jernih air yang disyaratkan PERMENKES yaitu 5. Terkait kerugian yang diderita PDAM karena kekeruhan ini masih dibicarakan di Jajaran Direksi PT. AB Jawa Timur.

Pada kesempatan ini Direksi PDAM Giri Tirta Gresik meminta maaf kepada masyarakat Gresik atas kekeruhan air yg diterima pelanggan PDAM di Gresik Kota, kekeruhan terjadi bukan disebabkan faktor teknis di Jaringan Kami namun murni faktor Non teknis pada pipa SPAM Umbulan, ungkap Ibu Risa Direktur Utama PDAM Giri Tirta Gresik

Saat ini distribusi air di wilayah Gresik kota disuply oleh air SPAM Umbulan dari Mata air Umbulan Kabupaten Pasuruan. Dari rencana 1000 liter perdetik debit yang dikerjasamakan, saat ini masih diterima PDAM Gresik sebesar 300 liter perdetik sebab PDAM harus mempersiapkan jaringan Pipa agar nantinya air bisa terserap sepenuhnya, rehabilitasi pipa dilakukan PDAM Giri Tirta di wilayah Perkotaan dengan mengganti pipa yang sudah tua.(PDAM Humas)

Tag
Share

Banner

Video Terpopuler

Company Profile PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik.
Sehubungan dengan banyaknya program hiburan yang berkembang saat ini,

Berita Terpopuler

Penurunan debit rumah Pompa air bawah tanah Jl. Brotonegoro GKB
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. gangguan distribusi air pelayanan

Agenda

'Sehubungan dengan program kerja PLN dalam rangaka pemeliharaan Jaringan dan ...'

'Guna optimalisasi suply air di wilayah Driyorejo dan Menganti, Maka akan ...'

'   PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM ...'